-> Supportlah Blog ini dengan Klik iklan berikut 1 kali <-

Membuat Lampu Hias Kamar Tidur dari Kardus


keyword:
cara buat lampu hias kamar tidur, cara membuat hiasan lampu kamar tidur, cara membuat lampu hias di kamar tidur, cara membuat lampu hias kamar ( kerajinan tangan lampu tidur ), cara membuat lampu hias kamar tidur tempel dinding, cara membuat lampu hias untuk kamar tidur, membuat hiasan lampu kamar tidur, membuat lampu hias kamar tidur, membuat lampu hias untuk kamar tidur

Banyak orang menata kamar tidur mereka bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan karena ikut-ikutan tren, atau nyontek foto di majalah, buku, atau internet. Salah satu contohnya adalah penempatan lampu tidur. Mungkin Anda adalah salah satu dari orang yang beranggapan, kamar tidur rasanya kurang lengkap kalau tidak dihiasi meja nakas dan lampu tidur di atasnya.

Padahal, bisa jadi orang yang menempatkan lampu tidur, tidak pernah menggunakannya. Pasalnya mereka selalu mematikan semua lampu saat tidur. Kalau memang demikian, tidak ada gunanya, kan, menempatkan lampu tidur?

Perlu diketahui lampu tidur biasanya dibuat bercahaya remang-remang. Untuk mereka yang memang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap gulita, lampu ini jelas berguna. Cahayanya tidak terlampau terang, sehingga membuat mata lebih rileks.





Namun bila mau lampu tidur juga dapat digunakan sebagai penghias taman atau ruang tamu. Kalau tidak kuat membeli, dirasa kurang hemat, anda dapat membuat sendiri rumah lampu berupa box unik dari kardus bekas.

- Material dan Alat :
a. Lembaran kardus bekas yang tebal, misalnya tebal 1,5 cm.
(kalau kardus tipis, maka nanti gak bisa keluar cahayanya, sebab dinding boxnya menjadi rapat dan tidak terdapat celah ) *jarak antar tumpukan
b. Gunting / Cutter
c. Penggaris
d. Pensil / Pulpen
e. Lem yang agak kuat, misalnya lem fox atau dengan hot glue gun juga lebih baik. Lebih bagus Lem maka akan lebih awet sambungannya.

- Cara Membuat :
1. Pembuatan Bingkai / kompartemen
Siapkan lembaran kardus tebal, pada contoh ini rumah lampu dari susunan sebanyak 16 buah tumpukan bingkai kotak:
a. Setiap 1 bingkai terdiri dari 4 buah strip kardus
Caranya gambarlah persegi panjang dengan ukuran 1,5 cm x 18,5 cm sebanyak 64 buah. Lalu masing-masing strip tersebut dirangkai menjadi bingkai kotak dengan bantuan lem. Hasilnya menjadi 16 buah bingkai kotak ukuran 20cm x 20cm. cocok untuk lembaran kardus yang terbatas.



b.  Bingkai full tanpa sambungan
Menurut saya ini adalah cara ideal, lebih cepat dan mudah serta tidak membutuhkan lem namun membutuhkan lembaran kardus lebih lebar / banyak.
Caranya gambarlah kotak sama sisi ukuran 20 cm x 20 cm, dan gambar lagi kotak lebih kecil didalamnya dengan jarak 1,5 cm. Potong bagian luar kotak dan dalamnya kotak, lakukan hal yang sama sampai terkumpul 16 buah bingkai kotak / compartment cahaya.

2. Pembuatan Dasar Rumah lampu
Gambarlah satu buah kotak pada lembaran kardus dengan ukuran 20 cm x 20 cm, dan gambar pula kotak kecil pas ditengahnya ukuran 1,5 cm x 1,5 cm. gunting sesuai gambar tersebut dan lubangi kotak kecil di bagian tengah tadi sebagai jalan masuk kabel fitting lampu.

- Potonglah beberapa strip kardus dan di lem pada sekitar lubang kotak tadi sebagai penahan fitting / dudukan lapu agar tidak roboh.
Karena itu sesuaikan ukuran dan lebarnya dengan fitting lampu sobat masing-masing.

PENTING !!   :
- Kardus penahan fitting lampu tidak boleh bersentuhan dengan lampu
- Pastikan penahan fitting lampu cukup kuat dalam mencegah rampu roboh.
Hal diatas untuk mencegah persentuhan langsung antara lampu dengan kardus yang dapat mengakibatkan kardus menjadi panas dan resiko hangus atau bahkan terbakar.

3. Penyusunan Rumah lampu
Letakkan dasar rumah lampu, lalu letakkan 1 per satu bingkai kotak diatasnya secara zig zag - diagonal satu sama lain bergantian. Pada setiap pemasangan berilah lem pada bagian yang saling menempel sehingga tidak lepas lagi.


4. Puncak box lampu
Untuk bagian paling atas, buatlah bingkai kotak dengan ukuran luar 14 cm x 14 cm, dan seperti sebelumnya, lebar bingkai adalah 1,5 cm ke dalam. Dengan ukuran ini maka ketika di letakkan secara diagonal pada paling atas maka ujung sudut kotak pas menyentuh pada pinggiran bingkai kotak dibawahnya yang lebih besar. (lihat gambar).

5. Pasang instalasi Lampu
Masukkan kabel listrik melalui lubang kotak di dasar, pasang dan Masukkan fitting / dudukan lampu dari atas, jangan lupa bola lampunya.

Dan Box Rumah lampu penghias kamar tidur untuk malam hari yang indah telah Selesai dibuat. Anda bisa menambahkan warna/pernis/movilex pada kardus agar lebih rapi lagi .