-> Supportlah Blog ini dengan Klik iklan berikut 1 kali <-

Membuat Vespa 2 Tak menjadi 4 Tak ?



            Poin penting dalam konversi vespa 2 tak menjadi 4 tak salah satunya adalah merancang jalur sirkulasi oli mesin.Sirkulasi oli tetap berawal dari bak penampungan oli vespa.Dari sana oli harus terlebih dahulu melewati filter oli buatan sendiri,setelah itu menuju pompa oli yang diletakkan pada sisi kiri blok silinder.

            Dari pompa,oli dialirkan menuju blok silinder melalui jalur oli bawaan supra yang terletak dilubang baut blok sebelah kanan.Saluran oli dibuatkan baru disisi kanan blok silinder supra,hal ini dikarenakan ketiadaan tempat untuk memasukan oli dari bagian bawah.
            Setelah naik ke kop silinder oli lantas melumasi Noken as,Rocker arm,lalu turun ke kruk as,karena penampungan oli terletak dibawah kalter,oli harus jauh dipompa ke atas.Pada saat penyalaan awal terkadang oli tidak sampai ke pompa oli,karena itu oli harus ditahan di ruang kruk as (Kalter) yang dekat dengan pompa oli hal ini dilakukan agar kerja pompa oli menjadi ringan.Makanya perlu dipasang katup searah (Katup ini hasil modifikasi keran bensin Yamaha FIZ)sebagai penahan oli.
            Untuk melumasi dinding silinder dan piston,kruk as pun harus dimodifikasi.Modifikasinya dengan cara membuat coakan pada kruk as sehingga kruk as bisa mencipratkan oli ke dinding silinder dan piston.Sedangkan untuk pelumasan big end,mesin ini mengandalkan oli mesin yang tertampung di ruang kruk as(Kalter) karena ketika setang seher bergerak melalui oli yang tertampung di ruang kruk as otomatis big end juga terlumasi.

Konversi 2 Tak ke 4 Tak di bagian mesin antara lain:

1. Mekanisme penggerak Noken as.
            Rantai keteng (Kamprat) harus berada disisi kiri blok silinder dan perbandingan putaran adalah 2 putaran kruk as dan 1 putaran noken as.Makanya tetap digunakan gir kamprat dan gir noken supra.
            Gir keteng dipasang disisi kiri kruk as,tepatnya di antara kruk as dan kopling,bagian ini adalah bagian yang susah karena gigi premier harus ditiskan,hal ini dimaksudkan agar ada tempat untuk gir kamprat.

2. Dapur Pacu.

            Mengenai dapur pacu vespa ini mengaplikasi piston standart supra dan setang seher Honda kharisma.Langkah kerja kruk as juga diperpendek dengan memindah posisi pen kruk as.Langkah kruk as asli vespa adalah 57 mm dan diubah menjadi 55 mm makanya bibir blok silinder harus di papas.